Rasanya nyaris semua orang tahu bahwa modal untuk mencapai sukses bagi seseorang tidak lagi berdasarkan IQ (Intelligent Quotient) semata. Pada tahun 1983, Gardner membahas tentang kecerdasan yang lebih kompleks dalam buku yang berjudul Frames of Mind. Dalam buku ini ia menolak pehamaman yang mengatakan bahwa IQ adalah satu-satunya hal yang menentukan kesuksesan hidup manusia.

Gardner mengatakan bahwa ada spektrum kecerdasan yang lebih luas yang dibagi dalam tujuh bagian utama. Ketujuh bagian inilah yang turut mempengaruhi tingkat kecerdasan dan kesuksesan seseorang. Dengan mengetahui ketujuh hal ini, Anda bisa mengetahui di sisi manakah Anda memiliki kelebihan. Hal ini bermanfaat untuk memupuk bakat Anda untuk selanjutnya bisa dilakukan pembinaan dan pengembangan yang lebih terarah. Ini dia tujuh hal itu:

Kecakapan verbal
Kepandaian mengkomunikasikan segala sesuatu melalui bahasa adalah termasuk salah satu bobot dari kecakapan verbal. Seorang Profesor yang lulus dengan predikat cum laude tetapi tak memiliki kecakapan ini akan mengalami kesulitan untuk mentransfer ilmunya kepada orang lain. Sebaliknya, mereka yang mampu membina kecakapan verbal akan mudah berkomunikasi dalam beragam bahasa, mudah menyampaikan gagasan-gagasannya dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh banyak orang, dan berpeluang besar untuk sukses menjalin kerjasama.

Matematik logika
Kecerdasan ini berada dalam wilayah logika rasional. Kecerdasan logika ini bukan hanya berlaku dalam bidang perhitungan dan ilmu pasti saja, tetapi juga dalam seluruh sisi kehidupan manusia. Dalam sastra, budaya, dan sosial sekalipun, kecerdasan logika ini tetap dibutuhkan. Tentu saja tidak dalam bentuk perhitungan angka-angka, tetapi lebih banyak menyangkut logika hukum sebab akibat. Itu sebabnya kepada anak-anak, harus selalu diajarkan perihal sebab akibat ini, dalam mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi di sekeliling mereka.

Pemahaman ruang
Kecerdasan ini bukan semata-mata otoritas kaum insinyur atau arsitek.
Jika orang biasa kesulitan membayangkan sebuah benda dalam bentuk tiga dimensi dalam alam khayalnya, maka hal itu adalah kelebihan mereka yang berbakat dalam bidang ini. Anda yang memiliki kelebihan kecerdasan ini bisa diarahkan bukan hanya di bidang arsitektur saja tetapi juga bidang lain yang mengandung unsur seni.

Kinestetik
Jangan berpikir bahwa menjadi olahragawan itu tidak memerlukan kecerdasan. Orang-orang seperti Magic Johnson si jagoan bola basket, Zaidan si pahlawan lapangan hijau, serta Muhammad Ali dan Mike Tyson adalah contoh orang yang memiliki kejeniusan dalam bidang kinestetik. Jika Anda merasa memiliki bakat dalam bidang olah tubuh dan keseimbangan dan Anda barengi dengan mengembangkan kecerdasan kinestetik akan sangat sangat membantu pengembangan bakat selanjutnya.

Musik
Jangan menganggap bahwa kecerdasan seseorang di bidang musik adalah hal yang sepele. Menguasai musik memerlukan ketrampilan dan keahlian khusus. Konon, orang yang menguasai musik memiliki kecerdasan emosi dan daya nalar yang baik. Maka jika Anda menyukai musik, jangan anggap sebagai hobi belaka. Asah kemampuan Anda ini, siapa tau Anda bisa sukses di bidang ini.

Kecakapan antar pribadi
Kecakapan jenis ini sangat membantu seseorang untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan serta kepercayaan dengan orang lain. Gardner memecahnya menjadi empat jenis kemampuan, yaitu : kepemimpinan, kemampuan membina hubungan dan mempertahankan persahabatan, kemampuan menyelesaikan konflik, dan ketrampilan analisis sosial. Karena setiap orang perlu berhubungan dengan orang lain, maka kecerdasan ini memiliki peran sangat besar dalam menentukan kesuksesan seseorang.

Kemampuan intrapsikis
Kemampuan ini merupakan jenis kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan intuisi dan ide-ide seseorang. Jika kecerdasan ini dikembangkan bersamaan dengan bidang kecerdasan lain, akan memungkinkan seseorang memperoleh wawasan cemerlang, briliant, bahkan bisa menuntun Anda menemukan metode yang tepat dalam mencapai apa yang Anda cita-citakan.

Nah Anda sudah tahukan, bahwa IQ yang tinggi bukan satu-satunya cara untuk sukses? So, Anda yang IQ nya biasa-biasa aja, jangan minder dan resah dulu, toh masih ada jenis kecerdasan lain yang akan membantu Anda menuju sukses. Mulai sekarang cobalah untuk menggali spektrum kecerdasan lain yang Anda miliki. Sukses untuk Anda…!

(powered by: motivasi.net)